Menkeu: Ketidakpastian Global Cepat Berubah

0
134

Sumber: alinea.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan ketidakpastian ekonomi global setiap saat bisa berubah tidak seperti sebelumnya.

“Jadi artinya setiap hari ada harapan lalu kekecewaan,” ujar Sri Mulyani, Rabu (5/12).

Dia menyebutkan, salah satu ketidakpastian yang cepat berubah tersebut adalah perang dagang antara AS dan China. Pasar sempat optimis kedua negara tersebut akan mencapai kesepakatan dagang. Akan tetapi, tiba-tiba Presiden AS Donald Trump mengatakan, kesepakatan dagang antara AS dan China akan dilakukan setelah pemilihan presiden 2020.

Baca: Sri Mulyani: Pemerintah Waspadai Perkembangan Ekonomi Global

Selain itu, saat ini dunia juga memberikan perhatian besar pada Brexit. Anggota parlemen Inggris sepakat untuk mengadalam pemilihan umum pada 12 Desember nanti untuk mendukung upaya Perdana Menteri Boris Johnson memecahkan kebuntuan politik.

Menurutnya, pelaku usaha saat ini sangat sulit untuk memberikan proyeksi yang akurat untuk berbagai keputusan bisnisnya karena ketidakpastian ini.

“Hari ini yang kami percaya proyeksinya seperti ini, kemudian besok ada suatu kejadian jadi berubah sama sekali,” ucapnya.

Selain itu, dia menyampaikan, karena ketidakpastian tersebut, saat ini setiap pemangku kepentingan di seluruh dunia meningkatkan kewaspadaan.

“Tahun 2019 masih dihadapkan pada berbagai ketidakpastian, mungkin ceritanya sama tapi pemicunya selalu berbeda. Lingkungan di mana kita berada dan beroperasi dari sisi ekonomi memang enggak pasti,” kata dia. (sh/cnnindonesia/okezone)

DISKUSI: