Mendes: Dana Desa Tingkatkan Pendapatan Masyarakat

0
113

Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menyebut bantuan dana desa selama empat tahu terakhir berhasil meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat desa. Peningkatan ini disebabkan oleh alokasi dana desa pada pebangunan infrastruktur.

“Pembangunan infrastruktur ini dampaknya apa, yaitu dalam empat tahun ada peningkatan pendapatan per kapita hampir 50 persen,” kata Eko, Selasa (25/6).

Baca: Presiden Jokowi Minta Dana Desa Tepat Sasaran

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, pendapatan per kapita penduduk desa pada 2018 meningkat 22 persen menjadi Rp 804 ribu. Pendapatan pada 2017 sebesar Rp780, Pada 2016 sebesar Rp711 ribu, dan pada 2015 sebesar Rp 659 ribu.

Dia menyampaikan, rata-rata peningkatan pendapatan per kapita setiap tahunnya sebesar 6,13 persen. Jika terus dipertahankan, ia yakin bisa mencapai Rp 2 juta per bulan.

“Kalau dipertahankan mungkin tujuh tahun lagi bisa mencapai Rp2juta lebih per bulan,” ujarnya.

Dia menyebutkan, pada tahun lalu, dana desa yang terserap hamipr 100 persen dari anggaran yang digelontorkan sebesar 60 triliun atau Rp800,4 juta tiap desa. Angka tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah Indonesia.

“Penyerapan dana desa tahun lalu mencapai 99,03 persen. Ini merupakan penyerapan tertinggi yang pernah ada di lembaga,” ucapnya.

Dia menuturkan, penyerapa dana desa terus mengalami perbaikan setiap tahunnya. Tujuan digelontorkannya dana desa untuk mengatasi ketimpangan ekonomi.

“Saat ini Indonesia masih memiliki lebih dari 20 ribu desa tertinggal yang masih membutuhkan pembangunan,” tuturnya.

Pada tahun ini, Kemendes telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 70 triliun yang dialokasikan ke setiap desa sebesar sekitar Rp 933,9 juta. (sh/republika/cnnindonesia)

 

 

DISKUSI: