Mendag Sebut Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran Stabil

0
101

Sumber: suara.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan harga bahan pokok menjelang Lebaran terpantau stabil. Hal ini disampaikan Enggar setelah melakukan pemantauan langsung di Malang, Jawa Timur dan Bandung, Jawa Barat.

Berdasarkan pemantauan tersebut, Enggar menyampaikan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan kondisi bahan pokok menjelang Lebaran.

Baca: Harga Sejumlah Bahan Pokok Mulai Naik Jelang Lebaran

“Dibandingkan dengan di Pasar Cicadas Bandung, harga bahan pokok di sini (Malang) sangat stabil dan cenderung turun. Harga daging sapi di Jawa Timur juga merupakan yang terendah dibanding daerah-daerah Iain karena merupakan salah satu daerah pemasok. Pasokan bahan pokok juga terpantau melimpah bahkan hingga Lebaran Haji,” kata dia di Jakarta, Sabtu (1/6).

Dia menyampaikan, harga beberapa komoditas di Jawa Timur lebih murah ketimbang di daerah lainnya, seperti beras yang dijual di bawah harga eceran tertinggi (HET), telur ayam, minyak goreng, daging ayam, dan cabai rawit.

Sementara itu, Bupati di Kabupaten Semarang mengatakan, harga sejumlah bahan pokok menjelang Lebaran mengalami kenaikan. Akan tetapi, kenaikan tersebut masih terpantau wajar.

“Yang namanya harga naik menjelang Lebaran itu sudah umum, yang tidak umum kalau kenaikannya tidak wajar,” ujarnya.

Dia menyebutkan, harga komoditas yang mengalami kenaikan adalah beras, gula, bawang putih, cabai, dan daging sapi. Meskipun begitu, pasokan komoditas tersebut tetap aman.

“Sehingga bisa memberi keyakinan harga di pasaran tetap akan terkendali,” ucapnya. (sh/wartaekonomi/republika)

DISKUSI: