Mendag: Harga Bawang Putih Mulai Turun

0
121

Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengklaim harga bawang putih mulai turun di sejumlah pasar tradisional. Saat ini, kata Enggar, harga bawang putih dijual sebesar Rp 30 ribu per kg.

“Target (operasi pasar) kira-kira Rp 30-32 ribu (per kg). Dan sekarang sudah turun di berbagai rempat sudah Rp 30 ribu (per kg). So far sudah oke, tidak ada masalah,” kata dia di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4).

Dia menuturkan, harga bawang putih ini mulai setelah dilakukan operasi pasar dengan harga jual Rp 32 ribu per kilo gram (kg). selain itu, Enggar juga telah memberikan persetujuan impor bawang putih kepada delapan importir dengan kuota impor sebesar 115 ribu ton.

“Kemudian kita minta kepada para importir itu, para pengusaha keluarin, lalu kanoperasi pasar dan sudah jalan. Dan langsung harga sudah turun. Kita lakukan rakor juga sudah jalan,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga bawang putih menjelang akhir bulan April ini terus melonjak hingga menyentuh level Rp 61 ribu. Di beberapa daerah, harga bahkan menyentuh level Rp 70 ribu per kg.

Di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, pada Jumat (26/4) lalu, harga bawang putih di level bandar masih tinggi di kisaran Rp 48 ribu per kg. Para pedagang mengaku sulit mendapatkan bawang putih di bandar sebab stok yang langka.

Menurut data PIHPS, harga jual rata-rata bawang putih per 29 April 2019 sebesar Rp 48.950 per kg. (sh/republika)

 

 

DISKUSI: