Menag Lukman Kembalikan Uang 10 Juta ke KPK, Termasuk Laporan Gratifikasi?

0
96

Foto diambil dari Detik

LiputanIslam.com – Terkait kasus Romahurmuziy dan Haris Hasanuddin yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, kini giliran Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut laporan KPK yang diterima langsung dari Lukman saat penyelidikan, Lukman sudah mengembalikan uang 10 Juta yang berasal dari Haris Hasanuddin kepada KPK seminggu setelah kasus suap jabatan ini terbongkar. Sehingga KPK belum bisa memastikan pengembalian tersebut sebagai laporan gratifikasi atau bukan.

“Kalau pelaporan gratifikasi dilakukan setelah proses hukum terjadi apabila setelah OTT, maka belum bisa ditindaklanjuti laporan tersebut,” ucap Febri Diansyah, juru bicara KPK.

“Ini untuk menghindari ada orang yang kena OTT kemudian besoknya baru melapor seolah-olah itu gratifikasi dan itu sudah banyak contoh dan ditolak juga sampai di pengadilan,” lanjut Febri.

Menurutnya pelaporan gratifikasi harus dilakukan sejak awal dan segera dalam waktu maksimal 30 hari kerja jika mengetahui bahwa penerimaan gratifikasi tersebut bukan sah. (Ay/Tempo)

DISKUSI: