Menag Buka Seminar Wawasan Kebangsaan untuk Penceramah

0
145

Sumber: rakyatku.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Menteri Agama Republik Indonesia (Menag), Lukman Hakim Saifuddin membuka secara resmi kegiatan seminar yang mengangkat tema tentang wawasan kebangsaan untuk para penceramah agama di Jakarta pada Kamis (5/9). Menag menegaskan bahwa dalam menyampaikan pesan-pesan agama tidak bisa dilakukan dengan cara-cara emosi, keras, dan marah. Tetapi harus dengan cara-cara manusiawi, yakni dengan lembut dan damai.

“Setiap agama memiliki ajaran yang sama bahwa pada diri setiap manusia ada bagian Tuhan yang dititipkan. Agama itu menjaga eksistensi nilai-nilai kemanusian. Agama sangat menjunjung tinggi manusia dan ini menjadi modal besar bagi penceramah agama,” ucapnya.

Menag meminta para penceramah agama di Indonesia yang mengemban tugas menebarkan fungsi nilai agama untuk memahami inti pokok ajaran agama. Nilai universal yang terkandung dalam inti pokok ajaran agama itu adalah mengangkat harkat martabat kemanusian serta merawat dan mengembangkannya sesuai kontek kekinian.

“Kita tidak perlu menghujat sesama dalam menebarkan agama. Sejatinya agama itu merangkul dan mengayomi. Perlu kearifan bagi para penceramah di tengah masyarakat yang sangat religius dan majemuk bukan malah sebaliknya dengan membesar-besarkan perbedaan,” katanya.

Baca: Tokoh Agama Serukan Jaga Papua Tanah Damai

Menag mengimbau agar materi-materi ceramah berisi pesan-pesan damai dan menyejukkan. “Materi ceramah hendaknya menyatukan dalam kontek kebangsaan,” ungkapnya. (aw/kemenag/republika).

 

DISKUSI: