Menag Ajak Masyarakat Aceh Teladani Ulama Besar Al-Sinkili

0
204

Sumber: bacaanmadani.com

Aceh, LiputanIslam.com– Menteri Agama (Menag RI), Fachrul Razi mengajak segenap masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Aceh agar meneladani sikap dan keilmuan ulama besar asal Aceh Abdur Rauf Al-Sinkili (Syekh Kuala). Menurutnya, Abdur Rauf berhasil memadukan pemikiran dua gurunya yang saling bertolak belakang terkait pandangan wahdatul wujud.

“Syekh kuala (Abdur Rauf) berhasil menemukan titik temu dari dua hal berbeda yang dibawa gurunya. Mempertemukan beberapa pemikiran yang berbeda adalah inti ajaran moderasi beragama,” ucapnya saat berada di Kampus di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Minggu (17/11).

Abdur Rauf berhasil mencari jalan tengah di antara dua pemikiran gurunya itu. Dan ini patut kita teladani sekarang ini. Kemampuan berpikir terbuka merupakan salah satu langkah awal untuk mencapai jalan tengah (moderasi).

“Unsyah harus mewarisi cara pikir ini. Sivitas akademika harus terus kembangkan sikap kritis sehingga hal yang seolah bertentangan, bisa menjadi selaras,” ungkapnya.

Baca: Menag Minta Umat Berani Suarakan Kebenaran

Pada kesempatan itu hadir juga Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Rektor Unsyiah Syamsul Rijal, Kakanwil Kemenag Aceh Daud Pakeh, Staf Khusus Menag, ulama, dan ratusan mahasiswa sivitas akademika Unsyiah. (aw/kemenag/tribun).

DISKUSI: