Melalui Dewas KPK, Jokowi Harap Pemberantasan Korupsi Lebih Sistematis

0
130

Sumber: Kompas

Jakarta, LiputanIslam.com — Presiden Joko Widodo berharap melalui Dewan Pengawas (Dewas) KPK, pemberantasan korupsi di Indonesia menjadi lebih sistematis daripada sebelumnya.

“Saya berharap sekali lagi penguatan KPK itu betul-betul nyata pemberantasan korupsi bisa sistematis sehingga betul-betul memberikan dampak yang baik bagi ekonomi, bagi negara kita,” kata Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Jumat (20/12). Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut seusai menyaksikan sumpah jabatan Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK 2019-2023.

“Saya meyakini Insya Allah beliau-beliau ketua KPK dan komisioner KPK bsa membawa KPK yang lebih baik dengan didampingi Dewan Pengawas KPK,” tambah Presiden.

Baca juga: Lima Dewas KPK Ucapkan Sumpah Jabatan Hari Ini

Presiden Joko Widodo pun mengungkapkan alasan pemilihan lima orang anggota Dewan Pengawas KPK yang diketuai mantan komisioner KPK Tumpak Hatorangan Panggabean.

“Ya kan sudah saya sampaikan yang kita pilih ini beliau-beliau yang orang-orang baik. Beliau adalah orang baik, memiliki kapabilitas, memiliki integritas, memiliki kapasitas dalam hal yang berkaitan wilayah hukum. Memang ini kita pilih dari sudut-sudut yang berbeda-beda,” kata Presiden.

“Ada yang mantan hakim, ada yang hakim aktif, ada juga mantan KPK. Ada juga yang akademisi, ada Mahkamah Konstitusi. Saya kira sebuah kombinasi yang sangat baik sehingga memberikan fungsi terutama fungsi kontrol dan pengawasan terhadap komisioner KPK. Saya kira ini akan bekerja sama dengan baik dengan komisioner, hitungan kita begitu,” ungkap Presiden.

Terkait pemilihan Tumpak sebagai Ketua Dewan Pengawas KPK, Presiden Jokowi menilai bahwa Tumpak punya latar belakang yang mengetahui kerja-kerja KPK. (Ay/Antara)

DISKUSI: