Mahfud MD Sebut Pelaku Sweeping Ilegal akan Ditindak Tegas

0
157

Sumber: Merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam. Com—Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menegaskan para pelaku sweeping akan ditindak tegas.  Menurutnya,  hanya TNI dan Polri yang berhak melakukan aksi sweeping.

“Tidak boleh ada sweeping, kalaupun ada diketahui pasti diselesaikan oleh aparat. Dan saya juga meminta kepada aparat menyelesaikan melalui hukum yang berlaku. Tidak boleh ada sweeping, yang boleh hanya polisi dan tentara,” katanya saat halaqoh kebangsaan di Pondok Pesantren Al Amien, Lingkungan Ngasinan, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kota, Kediri, Jawa Timur, Sabtu (21/12) dikutip dari Antara.

Isu sweeping oleh oknum-oknum tertentu kembali mencuat menjelang hari Raya Natal dan tahun baru.

Sebelumnya, di media sosial beredar video sekelompok massa beratribut putih-putih hendak menggelar sweeping di sebuah pusat perbelanjaan untuk memastikan tak ada pegawai beragama Islam yang mengenakan atribut Natal, beberapa hari lalu. Namun, hal itu dicegah polisi.

Baca: Melihat Upaya Mengubah Sampah Jadi Mainan di Yogyakarta

Aparat kepolisian pun telah memperingatkan akan menindak tegas pelaku sweeping. Hal ini disampaikan langsung oleh kepala Humas Polda Metro Jaya,  Kombes Yusri Yunus.

Meski begitu,  dirinya sangat berharap agar ormas -ormas tidak melakukan aksi sweeping.

Yusri mengaku,  pihak kepolisian telah berkoordinasi dengan organisasi  masyarakat seperti Banser untuk terlibat aktif mengamankan jalannya perayaan hari Raya Natal,  terutama di sekitar gereja.  (Ay/kompas/CNN)

DISKUSI: