Macron Tetap Ingin Pertahankan JCPOA

0
125

Sibiu,LiputanIslam.com—Pemerintah Prancis bersikeras untuk tetap mempertahankan perjanjian nuklir antara Iran dan beberapa negara super power dunia, seperti Cina, Rusia, Jerman, Inggris, dan Prancis. Pernyataan ini disampaikan oleh Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menyusul keluarnya AS dari perjanjian nuklir dan sanksi bertubi-tubi yang diberikan pemerintah AS kepada Iran.

Melalui pidato Presiden Emmanuel Macron di Kota Sibiu, Rumania, ia mengatakan bahwa perjanjian nuklir atau yang lebih dikenal dengan JCPOA merupakan perjanjian yang baik dan dirinya berharap agar Iran tetap bertahan di dalamnya. Macron meyakinkan bahwa Prancis akan melakukan apa saja agar Iran tetap bertahan dalam JCPOA.

Macron mengingatkan agar semua pihak yang terlibat dalam perjanjian tersebut tidak terjebak pada ekskalasi apapun.

Tahun lalu, Washington telah menarik diri dari JCPOA dan mengklaim itu sebagai perjanjian terburuk yang pernah terjadi. Usai penarikan itu, AS mulai menjatuhkan sanksinya kepada Iran dalam sektor ekonomi. Pemerintah AS memaksa negara-negara yang terlibat perdagangan dengan Iran agar menghentikan aktivitas impor mereka.

Melalui sanksi tersebut, pemerintah AS berencana menurunkan ekspor minyak, pertambangan, dan logam Iran hingga nol persen. (fd/Presstv)

DISKUSI: