Korsel Tingkatkan Impor Minyak dari Iran 4 Kali Lipat

0
144

Seoul, LiputanIslam.com–Korea Selatan dilaporkan meningkatkan impor minyak dari Iran lebih dari empat kali lipat pada Februari lalu, mendekati level impor sebelum Iran dijatuhi sanksi AS. Demikian laporan dari kantor berita Yonhap pada Selasa (19/3).

Korsel merupakan salah satu kostumer terbesar Iran di Asia. Pada bulan lalu, pabrik penyulingan Korsel mengimpor minyak mentah senilai $ 476 juta dari Iran, lebih dari empat kali volume yang tercatat pada Januari, menurut data dari Layanan Bea Cukai Korea.

Di antara pabrik-pabrik penyulingan Korsel, Hanwha Total Petrochemical Company berhasil membeli 12 juta barel minyak Iran untuk pengiriman selama Februari hingga April.

Sebelum penjatuhan sanksi, Korea Selatan adalah klien terbesar kondensat Iran dengan pembelian 300.000 barel per hari (bph), di atas minyak mentah sebanyak 100.000 bph.

Sementara itu, AS hanya mengizinkan Korsel membeli 200.000 bph kondensat.

SK Incheon Petrochem, Hyundai Chemical, Hanwha Total Petrochemicals dan Lotto Chemical adalah pembeli reguler kondensat Iran.

 

OPEC: Tidak mungkin melarang impor minyak Iran

AS telah menegaskan rencananya untuk mengurangi ekspor Iran hingga nol, namun sekjen OPEC, Mohammed Barkindo, merespon pada hari Selasa (19/3) bahwa tindakan itu “secara praktik tidak mungkin”.

“Kami terus mendengar rencana menurunkan ekspor Iran hingga nol tetapi para praktisi di industri ini tahu betul bahwa tindakan ini tidak mungkin dilakukan,” paparnya. (ra/presstv)

DISKUSI: