Kondisi Global Tak Menentu, Ekonomi Indonesia Masih Lebih Baik Dibanding Malaysia Hingga Rusia

0
155

Sumber: inews.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Kondisi global banyak memberikan tekanan terhadap kondisi ekonomi di negara-negara emerging market (negara berkembang), termasuk Indonesia. Meski demikian, menurut Direktur Keuangan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Bank Mandiri), Panji Irawan, ekonomi Indonesia masih stabil, bahkan lebih baik dibandingkan negara-negara berkembang lainnya.

Panji mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I sebesar 5,07 persen dan kuartal II 5,05 persen. Meskipun angka tersebut masih di bawah ekspektasi, tapi jika dibandingkan negara lain, Indonesia masih lebih baik.

Baca: Sri Mulyani: Pemerintah Waspadai Perkembangan Ekonomi Global

“Angka pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I dan II memang dibawah ekspektasi banyak pihak. Namun, kita masih harus bersyukur karena pencapaian pertumbuhan ekonomi Indonesia tersebut masih lebih baik dibandingkan dengan beberapa negara emerging markets lainnya,” kata Panji di Jakarta, Senin (9/9).

Dia menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Turki pada kuartal I 2019 terkontraksi 1,5 persen secara tahunan, begitupun pada kuartal II yang terkontraksi 2,4 persen. Selain itu, pertumbuhan ekonomi di negara berkembang lainnya juga tercatat masih lebih rendah ketimbang Indonesia.

“Selain itu, beberapa negara berkembang lainnya pada saat yang bersamaan juga mencatatkan pertumbuhan yang lebih rendah dibandingkan Indonesia, antara lain Malaysia yang tumbuh 4,9 persen, Thailand 3,7 persen, Brasil 1,01 persen, dan Rusia 0,9 persen,” ucapnya.

Di samping itu, kata dia, inflasi masih terkendali dan nilai tukar rupiah juga masih terjaga. Angka inflasi pada Agustus 2019 masih dalam rentang target Bank Indonesia, yaitu 3,51 persen.

“Tingkat harga-harga umum atau inflasi masih terkendali. Laju inflasi bulanan pada bulan Agustus tercatat sebesar 3,49 persen,” ujarnya. (sh/merdeka/liputan6)

 

 

DISKUSI: