Komandan Angkatan Laut Iran dan Qatar Gelar Pertemuan, Doha Berpihak ke Tehran?

0
123

Sumber: Tasnim News

Doha,LiputanIslam.com—Komandan angkatan laut Iran datang ke Qatar memenuhi undangan pelatihan maritim di selat India yang akan berlangsung nanti. Pertemuan dua komandan angkatan laut ini terjadi di tengah persaingan antara Iran dan Amerika untuk membuat koalisi keamanan maritim di Teluk Persia.

Admiral muda, Hossein Khanzadi, menemui rekan Qatarnya untuk membahas kerjasama antara dua institusi angkatan laut di sektor pendidikan dan pelatihan.

Kunjungan ini dilakukan usai Khanzadi bertandang ke Pakistan untuk mengunjungi pusat-pusat pelatihan dan penelitian angkatan laut Pakistan di pelabuhan bagian selatan kota Karachi.

Beberapa waktu lalu, pemerintah Iran sempat menggagas ide dibentuknya koalisi untuk mengamankan Timur Tengah. Koalisi ini harus terdiri dari negara-negara di Timur Tengah dan tidak menghendaki adanya campur tangan asing, seperti halnya Amerika.

Baca: Ilmuwan Iran Sebut Keadilan Amerika Hanya Ada di Film Hollywood

Gagasan ini dibentuk usai terjadinya beberapa insiden yang menargetkan lalu lintas kapal tanker yang melewati perairat tersebut. Selain itu, langkah ini dilakukan untuk membendung pengaruh Amerika di kawasan yang berusaha membangun koalisi keamanan maritim bersama negara-negara Arab Teluk, seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. (fd/Sputnik)

DISKUSI: