Sumber: bangsaonline.com

Surabaya, LiputanIslam.com– Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa melakukan penanaman pohon Matoa, tanaman khas Papua di halaman Edu Park, komplek Masjid Nasional  Al-Akbar Surabaya, Jawa Timur pada Ahad (1/9) pagi. Menurutnya, penanaman Matoa itu sebagai simbol dan harapan agar hubungan persaudaraan masyarakat Papua dan Jatim tumbuh subur.

“Pesan kita adalah persaudaraan, bahwa apa yang tumbuh di Papua, kita juga mencoba menanam di sini seperti Matoa, dan ternyata tumbuh dengan subur berbuah lebat. Mudah-mudahan persaudaraan kita juga tumbuh subur dan baik,” ucapnya.

Khofifah terus berupaya mengeratkan kembali persaudaraan masyarakat Jatim dan Papua usai peristiwa di Surabaya dan Malang yang melibatkan mahasiswa asal Papua pada beberapa waktu yang lalu. Sebelumnya, khofifah juga telah mengirimkan bantuan logistik ke Papua.

Baca: Papua Mulai Kondusif, Akses Internet Akan Kembali Dibuka

Ia juga menegaskan bahwa Jatim dan Papua adalah bersaudara, dalam satu bingkai dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini dibuktikan dengan tumbuh suburnya buah Matoa di Jatim, seperti di Jombang, Kediri, dan Surabaya. (aw/NU/detik).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*