KH Ma’ruf Amin: Ansor Banser Harus Bergerak Seperti Dinamo

0
169

Sumber: nu.or.id

Serang, LiputanIslam.com– Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sekaligus Wakil Presiden terpilih, KH Ma’ruf Amin menyampaikan pesan kepada Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) agar bergerak dan menggerakkan seperti dinamo. Sebab, dalam membela agama dan bangsa harus bersama-sama melibatkan berbagai pihak.

Demikian hal itu disampaikan Kiai Ma’ruf pada acara pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VII GP Ansor di Pondok Pesantren An Nawawi, Tanara, Serang Banten, pada Selasa (3/9).

“Karena GP Ansor adalah gerakan, maka Ansor harus bergerak dan mampu menjadi dinamo. Dinamo itu mampu menggerakkan semua, beda dengan gasing, dia hanya bergerak sendiri. Jangan jadi seperti gasing. Bukan hanya berputar-putar, tapi jadi dinamo yang bisa menggerakkan semuanya,” ucapnya.

Ia juga meminta Ansor dan Banser agar terus membela agama dan bangsa. Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. “Membela agama dalam pengertian mengawal agama supaya tidak dipahami secara salah. Membela negara berarti juga bahwa negara ini dibangun atas dasar konsensus nasional, di mana penyampaian aspirasi tidak boleh keluar dari kesepakatan,” katanya.

Baca: KH Ma’ruf Amin: NU dan Pesantren Punya Tanggungjawab Kebangsaan

Sementara Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj menyampaikan agar Ansor terus berani mengatakan iya jika benar, dan menyatakan tidak pada yang bathil. Menurutnya, hal pertama yang mesti dimiliki oleh setiap kader Ansor dan Banser adalah berlaku profesional dan proporsional.

“Kedua, Ansor juga harus mampu membangun jaringan kerjasama dengan berbagai pihak. Ketiga, juga harus menguasai teknologi, dan terakhir harus bertanggung jawab terhadap nasib NU dan Ansor sendiri,’’ tambah Kiai Said. (aw/NU/elshinta).

DISKUSI: