Kementan: Stok Daging Cukup hingga Akhir Tahun

0
148

Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan stok daging nasional masih sangat mencukupi untuk kebutuhan hingga akhir tahun.

Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan menyebutkan, saat ini stok daging surplus sebesar 19.197,6 ton. Dengan stok yang mencukupi, stabilitas harga daging akan terjaga.

“Kementan meyakini sampai akhir tahun 2019 dan memasuki tahun 2020, stok pangan asal hewan dalam kondisi yang mencukupi dan harga dapat dijaga stabil,” ujar Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Syamsul Ma’arif, Jakarta, Senin (23/12).

Baca: Harga Daging Sapi dan Ayam Melonjak, Ikappi: Harus Diwaspadai

Dia menyampaikan, kebutuhan daging mencapai 56.538 ton. Dengan jumlah tersebut, maka pada Desember masih ada surplus sebesar 19.197,76 ton. Stok daging saat ini terdiri dari stok daging sapi lokal, stok sapi bakalan di feedlotter, stok daging dan jeroan di gudang importir, stok daging kerbau di bulog, dan stok daging tambahan dari impor.

Terkait daging sapi, ketersediaanya hanya mencapai 404.590 ton. Sedangkan kebutuhan nasional daging sapi diperkirakan mencapai 686.271 ton. Dengan data tersebut, diperlukan tambahan daging sebanyak 281.681 ton.

Tambahan daging tersebut akan dipenuhi melalui impor, yakni impor sapi sebesar 99.980 ton, impor daging sapi 92.000 ton dan daging kerbau 100.000 ton.

Dia mengungkapkan, saat ini impor sapi masih diperlukan untuk memenuhi kebutuhan daging sapi dalam negeri. Akan tetapi, pemerintah terus berusaha untuk mewujudkan swasembada daging sapi dengan meningkatkan populasi dan produktivitas sapi. (sh/kompas/republika)

 

 

 

DISKUSI: