Kementan Pastikan Stok Beras Aman Sampai 2020

0
130

Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan stok beras saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan beras nasional hingga 2020.

Kepala Biro Humas Kementan Kuntoro Boga Andri menyebutkan, cadangan beras di gudang Bulog saat ini mencapai 2,3 juta ton. Selain itu, stok beras akan bertambah karena panen yang akan terjadi di awal tahun.

Baca: Jelang Akhir Tahun, Kemendag Siapkan Operasi Pasar Beras

“Data yang dimiliki Bulog saat ini cadangan beras di gudangnya mencapai 2,3 juta ton. Artinya kebutuhan beras aman. Apalagi awal tahun ini kita akan memasuki panen raya,” kata Kuntoro, Sabtu (30/11).

Dia menegaskan, meskipun musim panas sempat membuat stok padi berkurang, tapi tidak berpengaruh terhadap daya tahan pangan Indonesia.

“Sekali lagi tidak ada pengaruhnya karena kita akan menghadapi musim panen di awal tahun 2020 mendatang,” ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Wakil Pengusaha Beras DPD Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia Billy Haryanto. Dia mengungkapkan, stok beras saat ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga awal tahun depan.

“Bahkan bisa sampai awal tahun 2020. Karena saking banyaknya stok sekarang. Bulog saja sampai 2,3 juta ton. Belum lagi hasil dari musim panen,” ungkapya. (sh/republika/okezone)

DISKUSI: