Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan cabai dan bawang merah di beberapa daerah stabil dan dapat mencukupi kebutuhan selama Ramadhan dan Lebaran.

“Sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk menjaga pasokan dan stabilisasi harga, dua komoditas hortikultura yakni cabai dan bawang merah kami jamin aman, sangat mencukupi kebutuhan,” kata Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi di Bogor, Jumat (26/4).

Suwandi menyampaikan, pasokan kedua komoditas tersebut aman karena bertepatan dengan panen raya bawang merah dan cabai yang terjadi di sentra-sentra besar bertepatan pada bulan Mei hingga Juni 2019.

“Dengan demikian, inilah yang menjadi faktor utama penyebab kepastian pasokan dan harga kedua komoditas tersebut,” ucapnya.

Selain itu, pemerintah juga sudah menerbitkan rekomendasi impor untuk menjaga pasokan bawang putih. Rekomendasi ini juga disusul dengan terbitnya izin impor dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) sekitar 115 ribu ton.

“Terkait bawang putih, Kementan bersama dengan Kemendag kompak memastikan pasokan akan segera normal seiring dengan mulai diterbitkannya Surat Persetujuan Impor kepada beberapa importir. Artinya, pasokan cukup untuk kebutuhan puasa dan lebaran nanti. Surat rekomendasi impor berikutnya juga akan segera menyusul,” jelasnya.

Terkait harga bawang merah, Suwandi mengatakan, saat ini sudah kembali normal. Harga di pasar induk sudah dibawah Rp 20 ribu per kilo. Selain itu, di sentra-sentra bawang merah besar seperti Brebes, Nganjuk, Demak, Grobogan hingga Bima saat ini sudah memasuki panen sehingga pasokannya aman.

“Pasokan dan harga di Pasar Induk juga terpantau normal. Tren pasokan dan harga stabil ini akan terus berlanjut sampai lebaran nanti,” katanya. (sh/republika/liputan6)

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*