Kementan Ekspor Daging Ayam ke Timur Leste

0
150

Sumber: tribunnews.com

Surabaya, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Surabaya melakukan ekspor perdana sebesar 60 ton daging ayam asal Jawa Timur ke Timur Leste dengan nilai ekspor mencapai Rp 2,8 miliar.

Kepala Karantina Pertanian Surabaya, Mussyafak Fauzi mengatakan, ekspor ini merupakan bukti bahwa produk peternakan asal Jatim mampu bersaing di pasar internasional.

“Produk sub sektor peternakan asal Jatim pun lolos verifikasi kesehatan dan keamanan hewan, sehingga dapat diterima sebagai produk ekspor. Kita juga telah ekspor pakan ternak perdana ke sana,” ujar Mussyafak, Minggu (29/9).

Baca: Harga Ayam Jatuh, Peternak Tuntut Stabilitas Harga

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian I Ketut Diarmita mengungkapkan, ekspor ini sejalan dengan target pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan di dunia pada 2045.

“Dalam proses produksi perusahaan integrator diminta dapat melakukan kemitraan dengan para peternak rakyat sehingga dapat maju bersama dalam usaha peternakan,” ungkapnya.

Menurutnya, pemerintah harus memanfaatkan kesempatan ini untuk terus meningkatkan ekspor dengan melakukan perbaikan kualitas produksi dan promosi.

“Momen pelepasan ekspor komoditas peternakan ini dapat memotivasi pelaku usaha lain untuk berupaya melakukan percepatan ekspor komoditas peternakan lainnya melalui peningkatan kualitas produksi dan promosi ke negara lain,” tuturnya. (sh/ekonomi.bisnis/republika)

 

DISKUSI: