Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi Semester Pertama 5,1 Persen

0
7

Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperkirakan pertumbuhan ekonomi hingga semester pertama 2019 sebesar 5,10 persen, naik dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu sebesar 5,07 persen.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, pertumbuhan tersebut antara lain diperkuat oleh hasil assessment lembaga pemeringkat kredit Standard & Poor’s (S&P) yang menaikkan peringkat Indonesia dari BBB- ke BBB dengan outlook stable pada 31 Mei 2019.

“Peningkatan tersebut dicapai tanpa harus melalui peringkat BBB- outlook positive,” kata dia, Jumat (21/6).

Baca: BI: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Stagnan

Sedangkan, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Suahasil Nazara menilai, pertumbuhan ekonomi kuartal II akan didorong oleh konsumsi di bulan Ramadhan dan Lebaran.

“Juga ada pelaksanaan pemilu yang mendorong konsumsi LNPRT (Lembaga Non Profit yang melayani Rumah Tangga),” ucapnya.

Menurut dia, kondisi ekonomi Indonesia tetap terkendali di tengah turbulensi ekonomi dunia dengan tingkat inflasi Mei 2019 sebesar 3,32 persen. Tingkat inflasi yang rendah tersebut diyakini akan menjaga tingkat konsumsi masyarakat.

Sementara itu, Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2019 akan tumbuh melandai.

“Landai memang kami bandingkan tingkat pertumbuhannya itu dengan kuartal satu. Jadi yang kita sebut landai itu more or less tidak jauh berbeda dengan tingkat pertumbuhan year on year (yoy) di kuartal satu,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo. (sh/republika/wartaekonomi)

 

DISKUSI:
SHARE THIS: