Kemendag Tetapkan HET Bawang Putih

0
150

Sumber: kumparan.com

Tangerang Selatan, LiputanIslam.com— Kementerian Perdagangan (Kemendag) menetapkan harga eceran tertinggi (HET) untuk komodtas bawang putih. Mulai Jumat (10/5), HET bawang putih di pasar tradisional ditetapkan sebesar Rp 32 ribu dan Rp 35 ribu untuk toko ritel modern.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kemendag Tjahya Widayanti mengatakan, kebijakan tersebut diambil dalam rapat koordinasi antara Kemendag dengan para pelaku usaha pada 6-7 Mei 2019. Akan tetapi, kebijakan tersebut tidak dituangkan dalam bentuk Peraturan Menteri Perdagangan atau regulasi tertulis lainnya.

“Ini kebijakan saja. Tidak masalah walaupun tidak dibuat dalam bentuk Permendag, yang penting kita sudah keluarkan kebijakan,” kata Tjahya di angerang Selatan, Jumat (10/5).

Dia menyampaikan, penetapan HET tanpa melalui regulasi tertulis tidak akan menjadi masalah. Langkah ini, kata dia, diharapkan dapat menekan harga bawang putih di pasaran.

“Kebijakan memang ada regulasinya seperti beras ada HET beras Permendag 57, lalu harga acuan Permendag 96. Ini tidak apa-apa, kebijakan namanya,” kata dia.

Dia mengaku, pihaknya telah meminta agar seluruh toko ritel modern yang menjual bawang putih mematuhi HET tersebut. Satgas Pangan juga sudah mulai bergerak untuk melakukan pengawasan di masing-masing daerah.

Sedangkan untuk pedagang di pasar tradisional, pemerintah telah melalukan operas pasar yang terus berjalan setiap hari.

“Hari ini kita ada operasi pasar Bandung. Besok Sabtu (11/5) kita operasi pasar di Banten,” ujarnya. (sh/cnnindonesia/republika)

DISKUSI: