Kata LIPI Terkait Politik Indonesia: Ke Depan akan Suram

0
262

Jakarta, LiputanIslam. Com—Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro berkomentar soal nasib politik di Indonesia 2020 mendatang.

“Ke depan akan suram (gloomy), kita harus mengatakan itu terutama kalau berkaitan dengan politik,” ujar Siti saat mengisi acara Outlook Ekonomi Politik Indonesia 2020 di kawasan Menteng Jakarta, Minggu (29/12) dikutip dari Antara.

Menurut Siti keadaan ini dipicu oleh ketimpangan sosial akibat stagnasi perekonomian global yang serius.

“Pada intinya, kita mengalami ketimpangan sosial ekonomi yang sangat serius. Permasalahan di Indonesia bukan radikalisme,” ujar Siti Zuhro.

Baca: DPR Minta Polemik Ucapan Natal Tidak Dibawa ke Politik

Menurutnya, ke depan yang harus dipikirkan pemerintah adalah bagaimana mengentaskan kemiskinan. Hal ini penting, ujar dia, supaya disharmoni di tengah masyarakat juga terobati.

“(Masyarakat) kita tidak boleh dibawa ke alam politisasi radikalisme dan politik identitas. Sebab pemilu sudah usai dan Pak Joko Widodo (Presiden Joko Widodo) sudah mengatakan itu,” ujar Siti.

Zuhro menuturkan, Presiden tidak pernah berujar jika fokus pembangunan ke depan peningkatan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan investasi.  Menurut Zuhro, politisasi radikalisme dan politik identitas tak lagi relevan digunakan untuk mencapai pemerintah di bidang SDM dan investasi. (Ay/CNN/Kompas)

DISKUSI: