Jokowi Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru Hingga Mobil Menteri Terperosok

0
125

Sumber: LINE Today

Penajam Paser Utara, LiputanIslam.com — Presiden Joko Widodo meninjau lokasi ibu kota baru yang berada di kawasan konsesi hak pengusahaan hutan (HPH) PT International Timber Corporation in Indonesia (ITCI), Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo meninjau calon ibu kota baru itu bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Manoarfa, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar serta Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Dalam perjalanan menuju lokasi, mobil yang digunakan para menteri kabinet Indonesia Maju tersebut terperosok di jalan licin dan becek. Kejadian tersebut terjadi pada sekitar pukul 16.20 WITA dalam perjalanan ke lokasi ibu kota negara di kawasan konsesi hak pengusahaan hutan (HPH) PT International Timber Corporation in Indonesia (ITCI), Kecamatan Sepaku.

Para menteri pun terpaksa berjalan kaki di jalanan menanjak dan becek di bukit karena mobil mereka terjebak dalam lumpur.

Satu mobil Polisi Militer berjenis “4 wheel drive” pun menjadi kendaraan untuk mengevakuasi para menteri agar bisa mengikuti kegiatan Presiden.

Setelah para menteri dievakuasi, ternyata tidak semua rombongan dapat meneruskan perjalanan di medan yang sulit tersebut. Rombongan wartawan tidak dapat ikut karena mobil yang digunakan dianggap tidak dapat melewati bukit dengan tanah merah yang licin sehingga terlalu berbahaya untuk melanjutkan perjalanan.

Perjalanan mencapai kawasan konsesi hak pengusahaan hutan (HPH) PT ICTI itu membutuhkan waktu 2 jam dari tempat acara sebelumnya yaitu di pintu tol Samboja, Kutai Kartanegara.

Dalam acara tersebut Presiden mengatakan jalan tol yang menghubungkan Balikpapan dengan kawasan inti ibu kota negara akan mulai dibangun pada 2020.

Baca juga: Berikut Sejumlah Rekomendasi Mukernas V PPP Untuk Pemerintah

“Ini kita menyiapkan totalnya sekarang 256 ribu hektare seluruhnya, semua kawasan dan dicadangkan untuk jangka waktu 100 atau 200 tahun yang akan datang,” kata Presiden Jokowi di konsesi HPH PT ITCI, Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Selasa (17/12).

“Kemudian yang akan dijadikan kawasan ibu kota itu 56 ribu (hektare) tapi yang akan dikerjakan terlebih dahulu yaitu kawasan pemerintahan 5.600 hektare klaster pemerintahan,” tambah Presiden.

Pembangunan klaster pemerintahan itu akan berjalan pararel dengan pembangunan klaster kesehatan, klaster pendidikan, klaster riset dan inovasi serta “financial center”.

“Kira-kira itu. Jadi yang jelas menurut saya lokasinya sangat mendukung sekali untuk sebuah kota yang ‘smart city’, ‘compact city’ kemudian ‘green city’ semuanya,” ungkap Presiden. (Ay/Antara)

DISKUSI: