Jokowi Kunjungi Calon Lokasi Ibu Kota Baru

0
106

LiputanIslam.com – Pada Selasa (7/5) kemarin, Jokowi mengunjungi calon lokasi ibu kota baru, Bukit Soeharto, yang berada di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Menurut Jokowi, ibu kota negara besar harus terpisah dengan kota pusat ekonomi dan bisnis perdagangan.

“Sebagai negara besar kami ingin punya pusat pemerintahan yang terpisah dari pusat ekonomi, bisnis, dan jasa perdagangan,” jelas Jokowi di Bukit Soeharto, Selasa (7/5).

“Ya, ini menatap ke depan ke arah negara maju,” lanjutnya.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri ATR Sofyan Djalil, Seskab Pramono Anung, Wagub Kalimantan Timur Hadi Mulyadi, dan Bupati Kutai Kartanegara Edy Dharmasyah.

Menurut Jokowi, lokasi Bukit Soeharto dekat dengan Tol Samarinda-Balikpapan dan sudah memiliki bandara sehingga akan memudahkan mobilitas. Untuk menuju lokasi, membutuhkan waktu 45 menit dari Balikpapan dan 1,5 jam dari Samarinda.

Bukit Soeharto merupakan hutan yang cukup luas dengan besaran 61.850 hektare dan masih milik negara.

Sebelumnya, presiden Jokowi pun menyebutkan bahwa kondisi infrastruktur di Kalimantan Timur sudah memadai untuk pemindahan ibu kota sehingga akan menghemat banyak biaya. Sudah ada  bandara internasional, pelabuhan laut, dan tol. (Ay/Tempo/Kompas)

DISKUSI: