Jepang Ingin Hubungan Persahabatan dengan Iran Terus Berkembang

0
83

Sumber: Tasnim

Tokyo,LiputanIslam.com—Pada pertemuan yang berlangsung antara Menlu Iran, Mohammad Javad Zarif, dengan PM Jepang, Shinzo Abe, di Ibu Kota Tokyo pada Kamis kemarin (16/5), Abe mengatakan Tokyo bersedia untuk mempertahankan dan mengembangkan hubungan persahabatan dengan Iran.

Dalam kunjungan delegasi tingkat tinggi Iran, Zarif diketahui telah meninggalkan New Delhi dan bertandang ke Tokyo pada Rabu atas undangan resmi pemerintah Jepang.

Perdana menteri Jepang juga mengatakan kekhawatirannya kepada Zarif terkait meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Baca: Menteri jepang: Kami Bergantung pada Minyak Iran

Pekan lalu, AS mengerahkan kapal dan pesawat tempurnya ke Timur Tengah.

Ketegangan meningkat lebih jauh setelah terjadinya insiden yang menargetkan empat tanker minyak di perairan Uni Emirat Arab pada hari Minggu, dengan para penyelidik AS yang menuding Iran sebagai pelaku kejadian tersebut. Meski begitu, tidak ada bukti yang menunjukkan keterlibatan Iran dalam serangan itu.

Iran mengutuk serangan itu sebagai insiden yang”mengerikan” dan seorang anggota parlemen mengatakan kecurigaan Iran jatuh pada Israel.

“Kami percaya bahwa eskalasi (sanksi) oleh Amerika Serikat tidak dapat diterima dan tidak pantas dilakukan,” ucap Zarif. (fd/Tasnim)

DISKUSI: