Jelang Putusan MK, Hoaks Meningkat Dua Kali Lipat

0
165

Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengatakan bahwa dalam dua hari terakhir menjelang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pemilu 2019, jumlah berita bohong atau hoaks meningkat dua kali lipat. Bahkan peningkatannya mencapai 200 hoaks.

“Sejak dua hari terakhir meningkat menjadi sekitar 200 URL per pukul 18.00 WIB (Rabu malam),” ujarnya di Jakarta, pada Rabu (26/6).

Padahal jumlah konten hoaks di media sosial sejak akhir Mei lalu hanya berjumlah 100 URL per hari. Meski demikian, penyebaran berita bohong kali ini jauh lebih sedikit ketimbang saat aksi demo massa 22 Mei lalu.

“Pada 22 hingga 24 Mei, penyebaran konten hoaks berlipat mencapai 600-700 URL per hari,” ucapnya.

Walaupun menjelang putusan MK hoaks meningkat, Menteri Rudiantara memastikan belum akan melakukan pembatasan akses terhadap media sosial. Hanya saja ia mengingatkan masyarakat agar menjaga keamanan dan ketertiban, termasuk tidak menyebarkan konten provokasi di medsos.

Baca: Menkominfo Ingkatkan Warganet Tak Sebarkan Hoaks

“Tidak ada alasan untuk menyebar hoaks, provokasi atau hasutan, manakala pihak-pihak yang berperkara di MK sudah menyatakan akan menerima apapun putusan MK,” pungkasnya. (aw/tempo/detik).

DISKUSI: