Israel Persempit Ruang Gerak Nelayan Palestina di Gaza

0
116

Gaza,LiputanIslam.com—Otoritas Israel telah mengumumkan pada Kamis kemarin (16/5) terkait penyempitan area yang diperbolehkan bagi nelayan Palestina untuk melakukan aktivitas mereka, sampai batas waktu yang tak ditentukan.

Ketua Perhimpunan Nelayan di Gaza,  Zakariya Bakr, melaporkan kepada jurnalis Ma’an News Agency di Gaza bahwa otoritas telah mengurangi ruang gerak para nelayan untuk mencari ikan yang pada mulanya 12 mil menjadi lima mil saja.

Karena itu, kini para nelayan Palestina tidak boleh melebarkan jaring ikan mereka lebih dari batas yang telah ditentukan oleh Israel.

Baca: Militer Israel Tangkap Tiga Nelayan Palestina di Gaza

Bakr juga membeberkan penembakan terhadap para nelayan yang mencoba untuk melewati batas tersebut dan memaksa mereka kembali ke bibir pantai.

Perlahan-lahan, Israel mulai menggerogoti kehidupan para nelayan Palestina di Gaza.

Setiap hari, para nelayan Palestina yang berusaha mencari nafkah di laut Gaza harus menghadapi resiko yang mengerikan dari pasukan Israel. Mereka harus menerima pelecehan dan penyitaan kapal, hingga penahanan atau bahkan tembakan.

Menurut Kantor Urusan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (OCHA), pada tahun 1994, jangkauan penangkapan ikan sepanjang 20 mil telah disepakati antara Israel dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO). Namun dalam praktiknya, Israel hanya mengizinkan penangkapan ikan hingga 12 mil laut sampai tahun 2006, ketika zona penangkapan ikan dikurangi menjadi enam dan kemudian menjadi tiga mil saja.(fd/Ma’an)

DISKUSI: