Iran Kecam Tuduhan Tak Berdasar Inggris, Prancis, dan Jerman

0
8

Sumber: Reuters

Tehran,LiputanIslam.com—Tiga negara Eropa telah mengeluarkan pernyataan bersama pada Senin (23/9) malam kemarin dan menyebut mereka memiliki solidaritas penuh dengan Arab Saudi. Tiga negara, Jerman, Prancis, dan Inggris menyebut Iran harus bertanggung jawab atas serangan 14 September terhadap fasilitas minyak Aramco.

Presiden Iran, Hassan Rouhani, mengecam keras pernyataan itu dan menyebut tiga negara Eropa tersebut sedang bermain aksi saling tuduh.

Saat bertemu dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, pada Selasa (24/9), Rouhani dikabarkan telah membahas sejumlah isu, termasuk upaya Prancis dan para penandatangan JCPOA lainnya untuk menyelamatkan Iran dari sanksi AS, pasca Donald Trump membuat Amerika melanggar komitmennya sendiri.

Menlu Iran, M. Javad Zarif, memperkuat pernyataan Rouhani dengan menyebut negara-negara Eropa itu tidak bertanggung jawab.

“Ini adalah langkah yang provokatif dan destruktif. Tak ada bukti yang menguatkan hal ini. Tuduhan itu hanya didasarkan atas argumen yang lucu,” ucap Zarif.

Baca: Inggris, Jerman, dan Prancis Sebut Iran Bertanggung Jawab atas Serangan Aramco

Pemerintah Iran meyakini, pernyataan yang disampaikan oleh para pemimpin Eropa itu dilakukan atas dasar permintaan pihak asing demi tujuan politik. Menlu Iran menyebut, pernyataan semacam itu hanya akan memperkeruh perang yang kini tengah berlangsung di Yaman. (fd/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS: