Iran Ingatkan Israel Resiko Agresi ke Suriah, Lebanon, dan Irak

0
61

Tehran,LiputanIslam.com—Otoritas pemerintah Iran telah mengeluarkan peringatan kepada Israel terkait agresi yang mulai dilakukan rezim tersebut ke Irak, Suriah, dan Lebanon.

Jubir pemerintah Iran, Ali Rabiei, mengatakan pada Senin (26/8), “Israel harus memahami resiko tindakan agresifnya dan mereka akan membayar mahal untuk itu.”

Pernyataan ini dibuat beberapa jam usai Jenderal Qassem Soleimani menulis melalui akun twitter bahwa serangan Israel ke Suriah dan meledaknya dua pesawat nirawak Israel di Lebanon sebagai perlawanan terakhir dari Israel.

Klaim Serangan Terhadap Iran di Suriah

Sebelumnya, PM Netanyahu sempat menyebutkan bahwa pasukan udara Israel telah berhasil menyerang orang-orang Iran di Suriah.

Dalam suatu kesempatan, Netanyahu mengatakan, “Iran tidak memiliki imunitas dimanapun. Para pasukan kami telah bekerja di semua sektor untuk melawan agresi Iran. Saya telah memerintahkan semua pasukan agar siap untuk menghadapi segala skenario. Kami akan terus melakukan serangan terhadap Iran dan para proxy nya demi keamanan Israel.”

Klaim ini telah ditepis oleh pejabat resmi Iran. Ia menyebut, tidak ada pasukan Iran yang terkena sasaran serangan udara.

Di tengah ketegangan ini, Sekneg AS, Mike Pompeo menyuarakan dukungannya untuk Israel dan menyebut Israel berhak untuk mempertahankan diri dari ancaman yang diberikan Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC).

Jatuhnya ‘Drone’ Israel di Beirut

Beberapa jam setelah ketegangan itu, dua pesawat nirawak Israel diduga telah hancur di dekat ibu kota Beirut, pada Sabtu (24/8). Satu pesawat dinyatakan meledak saat terbang dan pesawat lainnya dikabarkan jatuh.

Insiden jatuhnya pesawat Israel ini membuat PM Lebanon, Saad Hariri, berang dan menuduh Israel sebagai ancaman stabilitas kawasan dan melanggar resolusi PBB tahun 2006 yang memuat berakhirnya perang antara Hizbullah dan Tel Aviv.

Sekjen Hizbullah, Hassan Nasrallah, menyebut pesawat nirawak itu sedang melakukan misi bunuh diri di Beirut. Ia bersumpah akan melakukan segala cara untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang. Menurutnya, Israel sudah tak memiliki kesempatan lagi untuk mengebom Lebanon.

Akhir Minggu lalu, muncul laporan tentang serangan yang dilakukan oleh militer Israel ke Baghdad. Pasca serangan itu, Netanyahu mengancam Iran tidak akan merasa aman dimanapun. (fd/Sputnik)

Baca: PM Lebanon: ‘Drone’ Israel di Beirut Ancam Kedaulatan Lebanon

DISKUSI:
SHARE THIS: