Irak Akan Ekspor Minyak 1 Juta Barel per Hari

0
109
Baghdad,LiputanIslam.com—Pada Kamis kemarin (28/3), Irak mengumumkan selesainya persiapan teknis untuk memperpanjang jaringan pipa minyak melalui Yordania. Rencananya, pemerintah Irak akan mengekspor minyak hingga satu juta barel perhari.

“Kapasitas ekspor pipa Basra-Aqaba, yang mengalir melalui Yordania, diperkirakan akan mencapai satu juta barel perhari (bph),” Menteri Perminyakan Irak, Thamir Al-Ghadhban, mengatakan dalam sebuah kesempatan.

Al-Ghadhban menjelaskan bahwa Irak telah menyelesaikan mekanisme pengerjaan konstruksi pipa. “Pengaturan tersebut termasuk jalur [pipa], komponen, kapasitas penyerapan, mekanisme yang menghubungkan pipa dengan ladang minyak di Kirkuk utara, sumber pendanaan, dan sarana implementasi, serta operasional,” katanya.

Pemerintah, Al-Ghadhban menunjukkan, berencana untuk membangun tiga pelabuhan ekspor minyak mentah.

Baghdad dan Amman baru-baru ini menyelesaikan enam perjanjian bilateral untuk mengembangkan hubungan mereka, terutama di sektor minyak dan energi. Kedua pemerintah mengatakan perjanjian itu bertujuan “merevitalisasi” ekonomi mereka dan memperkuat hubungan antara Irak dan Yordania.(fd/memo)

DISKUSI: