IPW dan KPK Minta Kabareskrim Baru Tuntaskan Kasus Novel

0
142

Sumber: Tempo

Jakarta, LiputanIslam.com — Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S. Pane dan Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo Harahap mengingatkan Kabareskrim Polri baru Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo untuk menyelesaikan kasus-kasus yang masih mangkrak, di antaranya kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan.

“Tugas utamanya adalah menuntaskan kasus Novel, mengingat (Jenderal) Idham saat diangkat sebagai Kapolri sudah berjanji akan menuntaskan kasus Novel,” kata Neta saat dihubungi, Jumat.

Pihaknya menunggu kinerja Sigit setelah menduduki jabatan Kabareskrim.

IPW menilai kasus Novel adalah kasus yang sulit untuk dipecahkan. Tidak adanya saksi dan minimnya alat bukti menjadi hambatan bagi Polri untuk mengungkap tabir kasus ini.

​​​​​Pihaknya juga menyadari bahwa dari sejumlah kasus penyiraman air keras, jarang yang terungkap pelakunya.

Baca juga: Terkait Kasus Novel, Tanggapan Mahfud MD Hingga Saut Situmorang

Sementara, Yudi mengharapkan Presiden memberikan waktu yang sangat ketat kepada Irjen Pol Listyo untuk mengungkap kasus Novel tersebut.

“Sebelumnya kita ingat janji Presiden bahwa Novel akan diselesaikan dalam waktu 3 bulan, yaitu tepatnya 11 Oktober kemudian diperpanjang menjadi Desember pekan pertama dan hari ini Jumat, hari terakhir pekan pertama Desember dan pelakunya pun belum terungkap,” ucap Yudi.

Ia menyatakan kasus penyerangan Novel merupakan salah satu kasus yang menjadi perhatian publik dan harus segera diselesaikan.

Selain kasus Novel, ia juga mengharapkan Irjen Listyo dapat mengungkap kasus teror yang menimpa pimpinan KPK. (Ay/Antara)

DISKUSI: