Inspektur HAM Presentasikan Laporan Pembunuhan Khashoggi di Depan Dewan HAM

0
127

Jenewa,LiputanIslam.com—Penulis sekaligus kritikus terkenal atas kebijakan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, dilaporkan dibunuh dan dipenggal di kedutaan Saudi di Istanbul pada Oktober 2018.

Riyadh awalnya menyangkal keterlibatan dalam pembunuhan itu, tetapi kemudian mengakui bahwa Khashoggi memang telah terbunuh di dalam kedutaan, menuntut 11 orang untuk kejahatan tersebut.

Pelapor Khusus PBB, Agnes Callamard, menyajikan laporannya tentang pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di depan Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) di Jenewa pada hari Rabu (26/6).

Baca: Mogherini Sebut INSTEX Akan Segera Siap

Pekan lalu, Dewan Hak Asasi Manusia PBB menemukan bahwa kematian jurnalis itu merupakan pembunuhan di luar proses hukum yang terencana dan Arab Saudi diduga bertanggung jawab atas insiden itu. Laporan tersebut menuntut agar mereka yang bertanggung jawab diidentifikasi dan dimintai pertanggungjawaban atas peran mereka dalam pembunuhan Khashoggi. Riyadh menanggapi hal ini dengan mengatakan bahwa laporan itu memuat “kontradiksi yang jelas dan tuduhan yang tidak berdasar”.(fd/Sputnik)

DISKUSI: