Ingin Dongkrak Harga, Kementan Hentikan Ekspor Lada ke Vietnam

0
114

Sumber: inews.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian (Kementan) memutuskan untuk menghentikan ekspor lada putih ke Vietnam agar petani mendapatkan harga jual yang baik untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarganya. Untuk itu, Kementan mengalihkannya ke India dan Eropa.

“Negara tujuan ekspor selama ini ke Vietnam dan harus dipotong menjadi ekspor langsung ke India dan Eropa,” kata Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Sabtu (4/5).

Amran menyampaikan, ekspor lada ke Vietnam dihentikan karena negara tersebut mengolah kembali lada dari Indonesia untuk diekspor kembali ke negara-negara tujuan seperti Eropa dan India.

Dia menuturkan, ke depan pengolahan langsung juga harus dilakukan Indonesia. Apalagi Indonesia sudah melakukan negosiasi dengan India.

“Sekarang sudah bisa masuk ke India. Tadi ke Amerika kemudian Jepang dan Eropa, ini upaya kita semua. Contoh, dulu manggis itu kan transit ke Malaysia dan Singapura. Sayang kan petani kita. Tapi sekarang sudah bisa langsung ke negara Cina,” ujarnya.

Saat ini, Mentan tengah berupaya agar semua produk ekspor Indonesia langsung sampai ke negara tujuan, tidak melalui perantara negara lain. Dalam hal ini, Mentan telah memerintahkan Badan Karantina Pertanian agar hal tersebut dapat tercapai.

“Itulah mimpi kita. Kita memproduksi dengan kualitas tinggi dan produktivitas tinggi. Kemudian kita melakukan hilirisasinya, nilai tambahnya kita dapat di mana-mana, kemudian kita mengekspor langsung ke negara tujuan,” jelasnya. (sh/republika/inews)

DISKUSI: