Indef Sebut Ekonomi RI Relatif Stabil di Tengah Bayang-bayang Resesi Global

0
127

Sumber: kumparan.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Direktur Program Institute For Development of Economics and Finance (indef) Esther Sri Astuti menilai ekonomi Indonesia relatif stabil di tengah ancaman resesi global.

Esther menjelaskan, kondisi perekonomian Indonesia masih stabil karena komponen utama yang mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia bukan ekspor dan impor tetapi konsumsi.

Baca: Bank Dunia Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI di Angka 5 Persen

“Karena rasio ekspor impor kita itu kecil hanya 39,9 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB ),” ujar Esther, Jumat, (20/12).

Dia menyampaikan, produk impor di Indonesia sangat melimpah mulai dari tekstil, baja, buah dan sayuran. Impor buah-buahan pada agustus 2019 tercatat sebesar 118 juta dolar AS dan impor sayuran mencapai 57,9 juta dolar AS.

“Jika dikonversi jadi Rp 2,4 triliun,” ucapnya.

Menurutnya komponen utama yang menopang perekonomian Indonesia adalah konsumsi yang rasionya sebesar 56 persen terhadap besar PDB. Untuk itu, pemerintah harus menjaga konsumsi agar tetap berjalan dengan baik jika ekonomi ingin stabil.

“Jadi pemerintah kalau ingin stabil kedepannya ya jangan ganggu konsumsi karena ini merupakan komponen utama,” ungkapnya.

Dalam hal ini Bang Indonesia berhasil menahan agar belanja konsumsi tetap stabil. hal ini terlihat dari tingkat inflasi yang berada di angka 2,7 persen. (sh/tempo/merdeka)

DISKUSI: