Ilmuwan Iran Sebut Keadilan Amerika Hanya Ada di Film Hollywood

0
148

Dr. Mas’ud Soleimani (kiri) bersama dengan Gubernur Isfahan, Jenderal Abbas Rezaei. Sumber: Presstv

Tehran,LiputanIslam.com—Usai dibebaskan oleh Amerika pada Sabtu lalu, ilmuwan sel asal Iran, Dr. Masoud Soleimani bersaksi bahwa keadilan Amerika hanya bisa didapatkan melalui film-film Hollywood.

Saat bertemu dengan Gubernur Isfahan, Jenderal Abbas Rezaei, pada Rabu (11/12) kemarin, Soleimani mengatakan bahwa dirinya dikurung dalam sel tahanan bersama para pembunuh dan penyelundup narkoba.

Soleimani adalah seorang peneliti yang bekerja di bidang sel, hematologi, dan obat regeneratif. Ia ditahan oleh otoritas Amerika Serikat pada tahun lalu tanpa proses pengadilan, saat baru saja tiba di Chicago, dan dijebloskan ke penjara di Atlanta, Georgia.

Soleimani akhirnya dibebaskan usai Iran dan Amerika melakukan pertukaran tahanan.

Ia menyebut, kepala penjara di penjara Atlanta telah menuduh dirinya sebagai teroris dan memberitahukan hal ini kepada semua tahanan. “Mereka (para tahanan) takut dekat-dekat dengan saya,” ucapnya.

Baca: Sanksi Baru AS ke Iran Targetkan Maskapai Penerbangan dan Industri Pengiriman

Pertukaran tawanan AS-Iran sebelumnya berlangsung di Switzerland. Sesaat sebelum dibebaskan, ia bicara kepada Brian Hook, utusan khusus AS untuk Iran, bahwa selama dirinya ditahan, “Tiga orang pasien saya tak berhasil diselamatkan dan Anda, pemerintah Amerika, bertanggung jawab atas hal itu.”(fd/Presstv)

DISKUSI: