Ikuti Pemilihan Walikota Solo, Gibran Langkahi Syarat Tiga Tahun Kader

0
160

Sumber: Merdeka.com

Solo,LiputanIslam. Com—Putra Presiden Joko Widodo dikabarkan telah mendaftar ke DPD PDIP Jawa Tengah untuk Pilkada Solo.  Namun pencalonan ini dianggap menyimpang dari prosedur internal PDIP yang menetapkan syarat 3 tahun menjadi kader partai agar dapat mencalonkan diri menjadi kepala daerah.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto memandang aturan itu perlu dipandang secara komprehensif.

“Kalau kita melihat peraturan partai kita tidak bisa melihat pasal demi pasal. Kita harus melihat secara komprehensif. Bahwa syarat kekaderan itu karena memang tugas partai untuk menyiapkan calon dari internal. Tetapi ini adalah pemilunya rakyat. Sehingga kita harus melihat apa yang menjadi kehendak rakyat dan kemudian partai juga melakukan pemetaan politik,” katanya di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Sabtu (21/12/2019).

Baca: Indonesia Alami Politik Kartel, Benarkah?

Berdasarkan laporan Tempo, Gibran telah mengikuti uji tes kelayakan di Panti Marhaen, Kantor Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Tengah, Sabtu, 21 Desember 2019. Putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut datang mengenakan baju berwarna merah dengan logo PDIP di dada.(Ay/Kompas/Tempo)

DISKUSI: