Ikuti Jejak Amerika, Arab Saudi Turunkan Pasukan di Sekitar Ladang Minyak Suriah

0
132

Damaskus,LiputanIslam.com—Pemerintah Arab Saudi dikabarkan telah menerjunkan lusinan pasukannya ke ladang minyak di Provinsi Dayr al-Zawr, Suriah. Sumber-sumber lokal yang enggan disebutkan namanya melaporkan kepada Anadolu, lusinan pasukan Arab Saudi itu tiba di ladang minyak Omar menggunakan helikopter.

Sumber yang enggan disebutkan namanya itu melaporkan, para pasukan itu akan digunakan untuk melindungi para ahli dari Saudi dan Mesir yang lebih dulu tiba di lokasi. Selain itu, para ahli itu diduga bekerja untuk perusahaan minyak raksasa Arab Saudi, Aramco.

Laporan itu menambahkan, kehadiran para pasukan Arab Saudi berbarengan dengan datangnya 30 truk yang dilengkapi dengan mesin penggali dan pengebor.

Laporan lainnya menyebutkan banyaknya kendaraan yang memasuki wilayah Suriah dari Irak bagian utara, dan para pasukan Saudi telah bersiaga di sebuah perumahan dekat ladang minyak Omar yang sebelumnya menampung para pasukan Amerika.

Baca: Konferensi Kuala Lumpur Usulkan Emas Dinar Sebagai Alat Tukar

Pada akhir Oktober lalu, Washington memutuskan untuk menarik seluruh pasukannya dari Suriah. Ketanyaannya, AS masih menyisakan sekitar 500 pasukan di sekitar ladang minyak yang dikuasai oleh para pasukan Kurdi di Suriah.

Amerika mengklaim tindakannya itu bertujuan untuk melindungi ladang dan fasilitas minyak dari serangan kelompok teroris Daesh. (fd/Presstv)

DISKUSI: