Ijtima Ulama di Bogor, MUI: Wapres Akan Beri Orasi

0
70

Sumber: Harian Jogja

Bogor, LiputanIslam.com — Acara ‘Ijtima 3.000 Ulama’ akan kembali berlangsung di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (17/12/2019) esok. Ketua Umum MUI Kabupaten Bogor, KH Ahmad Mukri Aji mengatakan bahwa Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin akan memberikan orasi ilmiah di acara tersebut.

“Pada kesempatan ini insya Allah yang akan memberikan orasi ilmiah adalah Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin,” ujar Ketua Umum MUI Kabupaten Bogor, KH Ahmad Mukri Aji kepada Antara di Bogor, Minggu (15/12).

Menurutnya, kehadiran Ketua MUI nonaktif itu sangat dinantikan oleh para ulama dan peserta ijtima, karena figur KH Ma’ruf yang menjadi panutan. Pasalnya, selain pernah memimpin MUI, Ma’ruf juga pernah memimpin lembaga Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU).

“Kyai Ma’ruf adalah representasi ulama dalam eksekutif. Kiprah kebangsaannya sebagai umaro mampu menjembatani dialog antara ulama dan umaro. Sinergitas seperti ini penting untuk kemaslahatan bangsa,” kata Mukri Aji.

Ia berharap, KH Ma’ruf bisa menyampaikan peran ulama sekaligus umaro pada orasi ilmiah dalam Ijtima 3.000 Ulama bertajuk ‘Ulama dan Masa Depan Indonesia’.

Baca juga: Wapres: UIN Harus Berperan Stabilisator Masyarakat

Ia pun menambahkan bahwa acara tersebut akan dihadiri oleh kurang lebih 3.000 ulama dari 27 kota dan kabupaten se-Jawa Barat yang akan berkumpul di Gedung Tegar Beriman. Forum yang rutin dilaksanakan dua kali dalam setahun ini untuk mengasah semangat persatuan dan memupuk persaudaraan antar umat islam atau yang biasa disebut dengan istilah ukhuwah islamiyah.

Menurut akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah itu, ketika acara berlangsung para dai dan muballigh akan menyampaikan pesan-pesan perdamaian yang menyejukkan. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS: