HRW Kritik PBB karena Bekerjasama dengan Badan Amal MBS

0
101

Riyadh, LiputanIslam.com–Sejumlah badan HAM dunia mengecam PBB karena memutuskan untuk menjadi tuan rumah sebuah forum dengan yayasan nirlaba yang didirikan oleh Pangeran Saudi, Mohammed bin Salman (MBS).

Pejabat advokasi Human Rights Watch (HRW), Joyce Bukuru, mengatakan kepada media Middle East Eye pada hari Jumat (30/8) bahwa PBB seharusnya tidak mempromosikan MBS yang memiliki catatan HAM yang buruk. MBS diduga menjadi dalang pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi dan mendorong perang terhadap Yaman.

Ia adalah seseorang yang “mengampanyekan penindasan domestik yang kejam dan mencakup dugaan penyiksaan terhadap aktivis hak-hak perempuan,” kata Bukuru.

“PBB seharusnya tidak menghargai perilaku ini dengan langkah kerja sama seperti itu,” tambahnya.

Yayasan MiSK milik MBS, bekerjasama dengan Utusan Sekjen PBB untuk Pemuda, Jayathma Wickramanayake, akan mengadakan acara bernama Forum Pemuda Misk – OSGEY di sela-sela Sidang Umum PBB pada 23 September mendatang.

Forum ini akan mempertemukan 300 anak muda yang berkomitmen untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDGs).

Anggota kelompok HAM Civicus, Mandeep Tiwana, juga mengecam keputusan PBB untuk bermitra dengan rezim Riyadh ini. “Orang-orang muda di Arab Saudi sepenuhnya ditolak haknya untuk bergabung dengan rekan-rekan mereka di seluruh dunia dalam mobilisasi publik untuk kesetaraan gender dan isu iklim, yang merupakan elemen kunci dari SDG,” katanya.

Khashoggi, seorang kritikus ternama Arab Saudi, dibunuh di gedung konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018 lalu. CIA telah menyimpulkan bahwa MBS memerintahkan pembunuhan itu. (ra/presstv)

 

DISKUSI: