Harga Minyak Dunia Naik Pasca Jatuhnya Drone As Oleh Iran

0
129

LiputanIslam. Com—Harga minyak melonjak pada Kamis (21/6), pasca pasukan Iran menembak jatuh pesawat nirawak AS.

Sebelumnya, Presstv melaporkan bahwa Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran telah menembak jatuh pesawat nirawak di dekat wilayah udara Iran. Para pejabat AS telah mengkonfirmasi bahwa itu adalah pesawat nirawak AS.

Kantor berita Iran Fars News mengatakan bahwa pesawat yang ditembak jatuh adalah “pesawat mata-mata Global Hawk buatan AS” tetapi seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya  mengatakan kepada Reuters bahwa  itu adalah “Triton MQ-4C Angkatan Laut AS.” IRGC mengatakan bahwa pesawat itu berada di ruang udara Iran. Sementara pejabat AS mengatakan kepada Reuters itu berada di wilayah udara internasional.

Minyak mentah ( CL = F ) dilaporkan telah naik 2,8% menjadi $ 55,29 tak lama setelah insiden penembakan pesawat nirawak AS. Brent ( BZ = F ) naik 2,3% menjadi $ 63,26.

Baca: Drone AS Membunuh 8 Orang di Afghanistan

Penembakan drone terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran di wilayah tersebut. Pekan lalu  dua tanker minyak diserang di Teluk Oman dekat perairan Iran.  AS menuduh Iran bertanggung jawab atas serangan itu, tuduhan yang dibantah Iran. AS mengerahkan 1.000 pasukan tambahan ke wilayah itu awal pekan ini sebagai tanggapan atas apa yang disebutnya “perilaku bermusuhan.”

Minggu ini Iran memperingatkan akan melanggar batas-batas persediaan uranium yang disepakati berdasarkan perjanjian nuklir era Obama dalam beberapa hari ke depan. (Fd/Fars/Presstv/Yahoo)

DISKUSI: