Harga Garam Petambak Merosot Hingga Rp 150 per Kg

0
164

Sumber: detik.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Harga garam petambak pada awal September merosot hingga Rp 150 per kilogram (kg). Petambak garam kecewa dengan pemerintah karena jatuhnya harga garam terulang kembali.

Menurut data Persatuan Petambak Garam Indonesia (PPGI), harga garam petambak kualitas 1 turun sampai Rp 250 per kg, sedangkan kualitas 2 sebesar Rp 150 per kg.

Anjloknya harga garam ini membuat petani kesulitan untuk menjual garam hasil panennya. Selain itu, mayoritas petambak mengalami kerugian karena tidak balik modal.

Baca: Produksi Garam Lokal Masih Jauh di Bawah Impor

Sekretaris Jenderal PPGI Waji Fatah menilai, pemerintah tidak pernah serius dalam merespon anjloknya harga garam. Akibatnya, banyak petambak mengalami kerugian besar.

“Harga terus anjlok, kami kecewa betul dengan pemerintah karena (harga) ini belum ada perbaikan,” kata Waji Fatah, Senin (9/9).

Dia menyampaikan, jika pemerintah dan dinas terkait mau memberikan pembinaan berkelanjutan kepada petani, harga garam bisa saja naik.

Menurutnya, karena hingga saat ini pembinaan dari pemerintah masih minim, kualitas garam petani tidak mampu menyaingi garam impor. (sh/republika/kompas)

 

DISKUSI: