Harga dan Pasokan Bahan Pokok Jelang Lebaran Stabil

0
110

Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengklaim harga dan pasokan bahan pokok stabil menjelang Lebaran tahun ini.

Inspektur Jenderal Kemendag Srie Agustina mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan agar harga dan pasokan bahan pokok bisa terkendali.

“Kami juga ingin memastikan apakah beberapa upaya-upaya pemda (pemerintah daerah) termasuk BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dari fasilitasi Kemendag itu efektif atau tidak di lapangan,” kata Srie, Rabu (29/5).

Baca: Mendag Jamin Ketersediaan Bahan Pokok Aman hingga Lebaran

Dia menyampaikan, dari hasil pemantauan, stok untuk memenuhi kebutuhan pokok menjelang Lebaran aman. Salah satunya adalah beras.

Dia menyebutkan, terdapat suplai beras berkisar 3-4 ton per minggu di Pasar Minggu, Jakarta. 60 persen dari total beras tersebut berjenis medium dan sisanya adalah premium.

Adapun harga beras medium dan premium saat ini stabil sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET).  Pemerintah telah menentukan HET untuk beras medium sekitar Rp 9.000 per kilogram (kg) dan Rp 12.800 per kg untuk beras premium.

“Jadi, harga beras ini stabil. Beras medium Bulog juga berarti juga cukup diminati karena harganya terjangkau,” ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Mohamad Arifin Soedjayana menambahkan, bahan pokok di Jawa Barat tidak mengalami lonjakan harga menjelang Lebaran.

“Rada heran, harga stabil sudah hari ke-20 (Ramadan), yang kemarin bergejolak itu hanya bawang putih,” kata dia.

Arifin menuturkan, saat ini harga bawang putih sudah turun di kisaran Rp 35 ribu per kg padahal sebelumnya sempat menyentuh Rp 80 ribu per kg.

“Di tingkat distributor Rp 25-26 ribu. Mereka menjual di harga Rp 30-32 ribu masih sesuai dengan batas acuan dari Kementerian Perdagangan,” tuturnya. (sh/tempo/republika)

 

 

DISKUSI: