Harga Bawang Putih Melonjak Dua Kali Lipat

0
125

Sumber: akurat.co

Bandung, LiputanIslam.com— Harga komoditas bawang putih di Bandung beberapa hari menjelang Ramadhan melonjak dua laki lipat dibandingkan harga normal.

Kepala Seksi Pengadaan dan Penyaluran Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Eri Nurjaman mengatakan, kenaikan harga bawang putih sangat signifikan. Harga normal bawang putih berada di kisaran Rp 22.000-24.000 per kilogram (kg). Namun, sekarang harganya mencapai Rp 52.500 per kg.

Eri menilai, lonjakan harga bawang ini dipicu oleh semakin berkurangnya stok di distributor. Hal ini membuat harga bawang melonjak tajam saat kebutuhan meningkat jelang Ramadhan.

“Stok bawang putih semakin menipis di tingkat distributor. Karena belum datangnya impor bawang putih dari Cina. Bawang putih yang beredar dan diperjualbelikan di Indonesia 85 persen lebih berasal dari impor,” ujarnya, Rabu (1/5).

Tidak hanya di Bandung, harga bawang putih di pasar-pasar tradisional Jawa Timur juga meningkat drastis. Saat ini, bawang putih di sana dijual seharga Rp 58 ribu per kg.

Gubernur Jawa Timur Khofifah mengatakan, pertengahan bulan ini harga bawang putih akan kembali normal. Sebab, suplai bawang putih impor dari China akan masuk ke Jawa Timur.

“Bawang putih masuk ke Tanjung Perak tanggal 10 Mei ini. Paling tidak tanggal 15 Mei bisa masuk ke pasar-pasar sehingga harganya akan segera normal,” katanya.

Dia mengatakan, bawang putih impor yang akan masuk ke Tanjung Perak tersebut akan menjadi solusi untuk mengatasi tingginya harga bawang putih di Jawa Timur. (sh/republika/tribunnews)

DISKUSI: