Harga Bawang Putih di Banten Capai Rp 70 Ribu per Kg

0
69

Sumber: rri.co.id

Banten, LiputanIslam.com— Harga bawang putih di Pasar Induk Rau, Kota Serang, Banten melonjak tajam hingga Rp 70 Ribu per kilogram (kg).

Mila (19), pedagang macam sayuran dan bumbu dapur di Pasar Induk Rau, mengatakan, komoditas pangan lain juga mengalami kenaikan, namun yang tertinggi adalah bawang putih.

“Yang lain juga ada yang naik tapi paling tinggi emang bawang putih, sampai Rp 70 ribu. Hampir dua kali lipat kan dari harga biasa, padahal sebelumnya cuma Rp 45 ribu,” kata Mila, Minggu (5/5).

Dia meyebutkan, harga bawang putih dari agen sudah tinggi. Meski demikian, stoknya tidak pernah kekurangan.

“Kalau barangnya (bawang putih) ada terus sih, nggak ada kesulitan karena kandikirim agen ya. Tapi harga di sana udah tinggi,” ujarnya.

Pada saat yang sama, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menetapkan harga tertinggi untuk bawang putih di seluruh Indonesia adalah Rp 30 per kg. Sebab, stok bawang putih saat ini telah mencapai 100 ribu ton, atau dua kali lipat dari kebutuhan pasar saat ini yang sebesar 50 ribu ton.

“Kami sudah siapkan stok dua kali lipat 100 ribu ton. Jadi tidak ada alasan harga bergejolak. Kami berikan target harga bawang putih maksimal 30 ribu per kg. Antara 25-30 ribu per kg. Tidak boleh melewati itu,” ujar Amran di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta, Minggu (5/5).

Amran menegaskan, bagi importir yang melanggar kesepakatan ini, pemerintah akan memasukannya ke dalam daftar hitam dan melarang mendatangkan bawang putih dari luar negeri.

“Siapa-siapa yang telah menandatangani tadi tidak berkomitmen, urusannya ini panjang. Kami pastikan kami sudah sepakat. Dia juga bersedia untuk di-blacklist (jikalau melanggar), tidak lagi mengimpor bawang putih,” tegasnya. (sh/republika/liputan6)

 

DISKUSI: