Harga Bawang Merah Melonjak di Atas Harga Acuan

0
148

Sumber: tribunnews.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Sejumlah harga bahan pokok mengalami kenaikan menjelang Libur Natal dan Tahun Baru. Dalam hal ini, bawang merah menjadi perhatian Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Harga bawang merah saat ini sudah di atas harga acuan yang ditentukan pemerintah. Bawang merah saat ini dibanderol sebesar Rp 36.000 per kilogram (kg). Sementara harga acuannya sebesar Rp 32.000 per kg.

Baca: Jelang Libur Akhir Tahun, Harga Bawang Merah Melonjak 

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Suhanto mengatakan, kenaikan harga bawang merah terjadi karena adanya kemunduran pola tanam akibat perubahan musim.

“Kenaikan harga bawang merah saat ini terjadi akibat perubahan musim yang menyebabkan mundursnya pola tanam,” kata Suhanto, Rabu (25/12).

Meski demikian, Kemendag memastikan harga bahan kebutuhan pokok masih stabil. Kemendag telah menurunkan tim pemantauan untuk mengawasi harga secara langsung. Saat ini pergerakan harga masih di bawah 2 persen.

“Rata-rata nasional harga barang kebutuhan pokok relatif stabil dengan pergerakan harga masih di bawah 2 persen,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, stok bahan pangan aman terkendai sampai tahun depan.

“Bahan pangan dilihat aman dari Natal dan Tahun Baru sampai dengan Maret-April 2020,” ucapnya.

Dia menuturkan, stok bahan pangan secara umum telah dipastikan aman oleh sejumlah kementerian.

“Dan secara umum semua baik dari Kemendag, Kementrin, KKP, Kementan, Bulog juga mengatakan bahwa Insya Allah semua dalam kendali dan cukup aman,” tuturnya. (sh/kontan/medcom)

 

 

DISKUSI: