Gubernur Sumbar: Tujuan MTQ Adalah Membumikan Al-Quran

0
175

Sumber: republika.co.id

Kota Solok, LiputanIslam.com– Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengatakan bahwa tujuan utama diadakannya acara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) setiap dua tahun sekali di Sumbar adalah untuk melestarikan dan membumikan al-Quran. Maksud membumikan disini ialah mendorong gairah masyarakat agar lebih giat memahami al-Quran dengan baik dan mendalam.

Demikian hal itu disampaikan Irwan pada saat penutupan acara MTQ Nasional ke XXXVIII Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di lapangan Merdeka Kota Solok, seperti dilansir republika.co.id, pada Sabtu (22/6).

“Tujuan paling utama dalam pelaksanaan MTQ adalah membumikan Alquran sehingga lebih mudah dipahami dan dilaksanakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, yang sesuai dengan filosofi Minangkabau yaitu Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah,” ungkapnya.

Baca: Generasi Muda Didorong Hafal Al-Quran

Menurutnya, pemerintah Sumbar memang menjadikan  MTQ tingkat provinsi ini sebagai ajang seleksi untuk peserta yang akan menjadi kafilah Sumbar di MTQ tingkat nasional. Pada MTQ Nasional 2020 nanti Sumbar akan bertindak sebagai tuan rumah.

Tidak lupa juga Irwan memberikan ucapan selamat kepada daerah yang berhasil meraih juara. “Selamat kepada kafilah Tanah Datar. Saya berharap tidak larut dalam kegembiraan yang berlebihan karena kita harus segera mempersiapkan diri untuk menghadapi MTQ tingkat nasional tahun 2020,” tambahnya. (aw/republika/antara).

DISKUSI: