Enggan Selidiki Kejahatan Perang terhadap Palestina, ICC Dihujani Kecaman

0
125

Sumber: Memo

London,LiputanIslam.com—Para ahli dan anggota parlemen internasional telah mengeluarkan kecaman terhadap jaksa ICC, Fatou Bensouda, karena dianggap telah gagal memulai investigasi atas kejahatan Israel terhadap warga sipil Palestina.

Dalam sebuah acara bertajuk “Saatnya ICC Menegakkan Keadilan di Palestina” yang berlangsung di London, para pembicara menyebut Besouda dianggap telah mengulur-ngulur waktu dan menolak menyelidiki Israel. Padahal, ICC memiliki waktu sepuluh tahun untuk menguji dan menyelidiki bukti-bukti yang ada, termasuk penggunaan senjata mematikan oleh pasukan Israel terhadap demonstran Palestina.

Para pasukan Israel diduga telah menggunakan senjata mematikan untuk menyerang demonstran damai di Gaza dan menyebabkan puluhan ribu orang Palestina, termasuk anak-anak, meninggal dan luka-luka.

Baca: Rouhani Hadiri KTT Kuala Lumpur, Kenapa Raja Salman Merajuk?

Bahkan, di antara korban terdapat para jurnalis dan para pekerja medis.

Pertemuan ini mengkritisi sikap ICC yang tebang pilih terhadap kasus. Untuk ketiga kalinya, ICC memutuskan untuk tidak akan membuka investigasi terhadap kejahatan perang yang dilakukan oleh para pasukan terhadap orang-orang Palestina. (fd/Memo)

DISKUSI: