Ekuador ‘Jual’ Julian Assange untuk Dapatkan Utang IMF?

0
149

London, LiputanIslam.com–Ayah dari pendiri WikiLeaks Julian Assange, John Shipton, mengatakan kepada media bahwa Ekuador telah ‘menjual’ anaknya kepada AS untuk mendapatkan pinjaman IMF.

Assange ditangkap di kedubes Ekuador di London pada tanggal 11 April lalu setelah negara Amerika Latin itu mencabut suakanya. Menurut Shipton, anaknya itu akan diekstradisi ke AS untuk dipenjara seumur hidup.

“Ekuador tidak punya mata uang sendiri. Mereka menggunakan dolar Amerika … Mereka tidak bisa mendapat pinjaman IMF kecuali diizinkan oleh AS–atas pertujuan untuk mengusir Julian dari kedubes,” katanya kepada reporter 60 Minutes, Tara Brown.

Shipton mengungkapkan bahwa ia ‘syok’ melihat kesehatan Assange menurun drastis ketika ia mengunjungi anaknya itu pada bulan Januari kemarin.

Sementara itu, Presiden Ekuador mengklaim bahwa keputusan pencabutan suaka itu adalah keputusan yang berdaulat. Namun, tak lama setelah itu, polisi Inggris mengkonfirmasikan bahwa Assange diserahkan dan ditangkap atas nama pemerintah AS.

Di saat yang sama, Departemen Kehakiman AS telah mengumumkan dakwaan terhadap Assange. Ia dituduh melakukan konspirasi dengan mantan pegawai militer AS Chelsea Manning dalam meretas komputer AS dan mencuri data rahasia pada tahun 2010. (ra/sputnik)

DISKUSI: