Ekspor Semen Indonesia Capai 3,87 Juta Ton

0
150

Sumber: wartaekonomi.co.id

Yogyakarta, LiputanIslam.com— PT Semen Indonesia (Persero) Tbk berhasil meningkatkan volume ekspor semen Indonesia pada periode Januari hingga November 2019.

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia Sigit Wahono mengatakan, ekspor semen Indonesia pada periode tersebut naik 19,6 persen menjadi 3,87 juta ton.

Sigit menyampaikan, seluruh fasilitas produksi dan distribusi telah dioptimalkan untuk mendukung pengiriman. Saat ini pihaknya sedang fokus untuk menjajaki pasar di sejumlah negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Baca: Ekspor Kopi Diprediksi Meningkat Tahun Depan

“Semen Indonesia Sedang fokus menggarap pasar Asia Selatan dan Asia Tenggara, seperti Bangladesh, India, Sri Lanka, Maladewa, Filipina, dan Timor Leste,” ujar dia, Sabtu di Yogyakarta, Sabtu (21/12).

Meskipun volume ekspor semen naik, tapi konsumsi semen di Indonesia justru mengalami penurunan. Data Asosiasi Semen Indonesia (ASI) menunjukkan, konsumsi semen sampai November 2019 turun sebesar 0,34 persen dibandingkan pada tahun lalu.

Dia menyebutkan, total penjualan semen pada November 2019 hanya sebesar 63,23 juta ton. Jumlah tersebut turun dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 63,44 juta ton.

“Total penjualan semen domestik sampai dengan November 2019 tercatat sebesar 63,23 juta ton,” kata dia.

Ketua Umum ASI Widodo Santoso menilai, penurunan konsumsi semen pada 2019 bisa berdampak pada penurunan utilitas pabrikan industri semen.

Dia memprediksi, konsumsi semen hingga akhir tahun ini tidak dapat mengejar ketertinggalan konsumsi sebesar 600 ribu ton. Menurutnya, dengan asumsi konsumsi hingga akhir tahun tetap -2,2 persen, utilitas pabrikan semen akan turun ke level 61,01 persen dari sebelumnya 63,2 persen. (sh/tempo/market.bisnis)

 

 

 

 

DISKUSI: