Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Meski penduduk Muslim di Indonesia merupakan yang terbanyak di dunia, tetapi ekspor produk halalnya justru masih kecil.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyebutkan, negara dengan ekspor produk halal terbesar adalah Brazil, sedangkan Indonesia tertinggal jauh di bawahnya.

“Kontribusi Indonesia di pasar halal dunia masih kecil,” ujar, Ma’ruf Amin, Jumat (13/12).

Baca: Tingkatkan Industri Halal, Presiden Jokowi Resmikan Halal Park

Dia menyampaikan, nilai ekspor produk halal Brazil mencapai 5,5 miliar dolar AS disusul dengan Australia dengan nilai ekspor sebesar 2,4 miliar dolar AS. Sementara nilai ekspor produk halal Indonesia hanya sebesar 2,1 miliar dolar AS atau 3,8 persen dari total market.

“Indonesia tertinggal jauh dibandingkan dengan Brazil, yang disusul oleh Australia dengan nilai 2,4 miliar dolar AS,” kata dia.

Sayangnya, Indonesia justru menjadi konsumen produk halal terbesar di dunia. Nilai belanja produk halal Indonesia mencapai 214 miliar atau 10 persen dari pangsa pasar dunia.

“Indonesia menjadi negara paling besar dalam belanja produk halal dibandingkan negara-negara mayoritas muslim lainnya. sayangnya, Indonesia hanya menjadi ‘tukang stempel’ untuk produk halal yang diimpor,” katanya.

Oleh karena itu, dia mengajak semua pihak untuk mengembangkan industri produk halal nasional. Sebab, kata dia, produk halal tidak hanya sesuai berdasarkan syariat Islam, tetapi juga memberikan dampak baik bagi masyarakat. (sh/cnbcindonesia/cnnindonesia)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*